Pj Gubernur dan Dewan Pers KickOff Workshop Peliputan Pemilu 2024

Mataram-MP-Rangkaian pelaksanaan Pemilihan Umum setelah Pemilihan Presiden adalah pemilihan kepala daerah (Pilkada).Untuk itu,Penjabat Gubernur,Drs HL Gita Ariadi, MSi selain menerima audiensi Dewan Pers di Pendopo Gubernur, Selasa (23/04) juga menginisiasi lokakarya (workshop) peliputan Pemilu bagi jurnalis yang mulai digelar se Indonesia dari NusaTenggara Barat.Miq Gita berharap,peningkatan kompetensi bagi jurnalis ini akan memberikan suasana aman dan nyaman selama dalam proses Pilkada berlangsung.

“Selama proses pilpres berlangsung,NTB dalam situasi aman terkendali.Mungkin karena jarak emosionalnya jauh. Berbeda dengan Pilkada yang akan memilih pemimpin langsung dan serentak di sepuluh kabupaten/ kota”, sebut Miq Gita.

Ditambahkannya,kedekatan secara emosional tersebut dapat saja menimbulkan penggumpalan dukungan antar entitas yang besar sehingga dikhawatirkan mempunyai dampak berbeda dengan Pilpres ataupun Pileg yang relatif perseorangan.Oleh karena itu, dukungan media dan pemberitaan dalam penyelenggaraan Pilkada dapat memberikan kontribusi melalui lokakarya penguatan kapasitas ini.

Sementara itu,Ketua Dewan Pers,Dr Ninik Rahayu mengatakan,peran pemerintah provinsi dalam mendukung keterbukaan data dan informasi juga harus dibarengi dengan program meningkatkan kapasitas media dan jurnalis. “Dalam hal ini,kerjasama yang profesional antara pemerintah dan media harus saling menguntungkan karena dengan kualitas media yang buruk akan merugikan pemerintah juga”, sebutnya.

Ia juga berharap agar cara komunikasi politik dalam demokrasi semakin dewasa sehingga dinamika yang terjadi dapat diintegrasikan oleh media sehingga tercipta kondusifitas dalam penyelenggaraan Pilkada.

Hadir pula dalam kegiatan tersebut, pimpinan DPRD, perwakilan TNI/ Polri, lembaga pemerintah, pers dan beberapa kepala OPD terkait.(Jm-MP)

Check Also

Bupati Bima Pimpin Kunker Ke Pemkot Surakarta

Surakarta-MP-Menindaklanjuti surat permohonan kunjungan kerja jajaran Pemerintah Kabupaten Bima kepada Walikota Surakarta, Bupati Bima Hj.Indah …