Opini:Pilkada Kabupaten Bima 2020 Kekuatan Pendukung Petahana Punya Peluang

Kab bima-MP-Peluang petahana untuk duduk kembali menjabat sebagai kepala daerah,tentunya masih cukup besar.Karena selain mempunyai anggaran untuk melakukan sosialisasi ke masyarakat melalui jabatannya,calon incumbent juga sudah dikenal masyarakat.

Tentunya hal itu semua bisa terjadi apabila kinerjanya juga bisa dirasakan oleh masyarakat.Oleh sebab itu,petahana akan sulit dikalahkan bila kinerjanya selama menjabat cukup baik dan di rasakan di tengah masyarakat apalagi kebijakan dan penanganan pandemi covid19 yang signifikan dan dirasakan oleh masyarakat tentunya menjadi penelaian tersendiri dan menjadi point Plus.

Namun apabila sebaliknya,petahana tidak menunjukan kinerjanya dengan baik saat menjabat, maka inilah yang akan membuka kesempatan bagi tokoh atau figur lain untuk masuk dan ikut mencalonkan diri dan bahkan berpeluang besar untuk mengalahkan petahana

Ini figur pasangan bakal calon,pertama:Hj,indah dhamayanti putri-H,dahlan m noor,kedua: H,safru-Adimahyudi,ketiga: H,irfan- H,herman edyson dan independen,Ruslan- sarmin.tentunya mereka para calon mempunyai ke unggulan masing-masing.

 Maka hal yang terpenting selain figur adalah siapa yang mampu membangun koalisi yang kuat,bukan besar yaa.(Karena besar bukan berarti kuat).Karena membangun koalisi yg kuat adalah pilihan bijak menurut saya untuk mendulang suara. 

Selain figur dan kekuatan koalisi,yang terpenting lagi adalah kekuatan parpol sebagai pergerakan lobi-lobi yang nantinya akan memunculkan prediksi dan opsi-opsi beserta hal-hal lainnya.Tentunya kita tidak bisa menyebutkan lebih spesifik karena dihawatirkan terlalu mendahului,sehingga analisa ini hanya bersifat prediktif.

Namanya politik perubahan terjadi kapan saja dan ke unggulan masing- masing figur bisa berubah kapan saja,tergantung bagai mana untuk mempertahankan figuritas seseorang calon tersebut.

Dalam sebuah negara demokrasi,janji politik adalah hal yang niscaya.Politik tanpa janji adalah politik yang buruk.Setidaknya ada dua arti penting janji politik.Pertama,mencerminkan visi dan misi seorang calon politisi yang akan memberikan arah dan panduan yang jelas bagi dirinya dalam mencapai sasaran yang hendak diraih bila kelak diberi amanah menduduki jabatan publik.

Kedua janji politik adalah dasar bagi pertanggung jawaban pelaksana kekuasaan yang demokratis.Tampa janji seorang calon sangat sulit untuk dinilai berhasil tidaknya atas kepemimpinannya kala.

Janji tersebut harus bisa dirumuskan dalam kebijakan yang urgen di kabupaten bima.Untuk mendokrak dukungan politik dari masyrakat. Seperti pembangunan infrastruktur dan supra struktur politik tingkat lokal menjadi lebih demokratis, desentralisasi administrasi yang bertujuan untuk menciptakan birokrasi pemerintahan lokal yang mampu memaksimalkan nilai-nilai efektifitas, efisiensi,equity atau kesetaraan dan desentralisasi ekonomi dengan harapan meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan agar menjadi lebih baik.

Katakanlah,infrastruktur,kesehatan,pendidikan, tentunya kehidupan yang nyaman dan lain lain yang menjadi dasar keinginan masyarakat menjadi point penting untuk menjadi prioritas yang nantinya akan berimplikasi kepada referensi rakyat dalam menentukan pilihan pada hari pencoblosan nanti.(Mrs-Yul).

Check Also

Bupati Bima Pimpin Kunker Ke Pemkot Surakarta

Surakarta-MP-Menindaklanjuti surat permohonan kunjungan kerja jajaran Pemerintah Kabupaten Bima kepada Walikota Surakarta, Bupati Bima Hj.Indah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *