Suka Duka Merantau Di Daerah Lain

Kab bima-MP-Menjalani hidup dengan bebas dan tanpa pengawasan mungkin menjadi cita-cita beberapa orang yang merasa hidup ini monoton dan terkekang.Salah satu pelarian yang dapat dilakukan adalah dengan merantau.Namun ada beberapa orang yang justru merasa merantau adalah salah satu fase untuk memulai kehidupan baru yang lebih menantang dan lebih baik.

Merantau,atau harus meninggalkan kehidupan bersama keluarga dan teman di kampung halaman adalah salah satu keputusan yang sulit.Namun kehidupan merantau ternyata tidak selalu menyeram.Kita tetap dapat menikmati kehidupan yang baru dengan menyenangkan dan bahkan lebih baik.Walaupun mungkin lebih banyak duka nya dibanding sukanya.Berikut suka dan duka yang saya hadapi mungkin setelah hampir 7 tahun merantau hidup di kota orang lain jauh dari keluarga.

DUKA

1. Homesick

Hal yang tidak dapat terbantahkan,bahwa kita akan rindu dengan keadaaan rumah dan kampung halaman. Rutinitas yang biasanya dilakukan setiap hari bersama keluarga atau teman mungkin tidak akan bisa didapatkan bila kita merantau. Mungkin di tahun pertama kita akan selalu membandingkan rutinitas yang dilakukan di kampung halaman dan kota yang sekarang kita tempati,namun percayalah bahwa adaptasi dengan rutinitas baru adalah sebuah fase yang akan kita hadapi dan lewati.Enjoy saja dan kamu lambat laut akan larut dengan aktivitas yang dijalani saat ini sehingga homesick intensitasnya akan lebih sedikit.

2. Kehilangan Momen Berharga

Kerap kita tidak dapat pulang kampung meskipun saat itu mungkin keluarga sedang merayakan sebuah momen berharga karena terbentur urusan kuliah atau pekerjaan.Atau mungkin tidak sempat pulang karena uang menipis untuk biaya perjalanan pulang kampung (mending buat makan disini).Rasanya mungkin memang tersiksa karena yang bisa kita lakukan hanya mendapati kabar via video call saja.Tapi harus sabar yaa teman-teman karena kita disini juga sedang berjuang,nikmati prosesnya.

3. Sakit adalah Sebuah Musibah!

Sakit memang sebuah musibah, namun jika sakit di tempat rantau dan jauh dari orang tua itu adalah doublemusibah,
Karena sebenarnya apabila kita sakit di tempat rantau kita tidak bisa selalu bergantung pada rekan kerja,bahkan teman kosan,karena ya mereka juga punya kehidupan pribadi. Mungkin mereka juga akan membantu,namun yaa tidak sebanyak bantuan dan perawatan apabila kita sakit oleh orang tua kita.Sakit itu mahal yaa,jadi selalu jaga kesehatan.

4. Kangen Masakan Mama

Ini hal paling penting.Seenak apapun kita makan di tempat rantau.Namun ujung-ujungnya kita akan kangen masakan mama yaitu sayur asem dan telor mata sapi yang mama buat.Jadi maksimalkan momen pulang kampung untuk puas-puasin makanan buatan mama.

SUKA

1.Atmosfer Baru

Nah jangan takut dan cemas tempat tinggal baru yang ditempati akan monoton.Justru atmosfer baru untuk kita yang terbiasa dengan lingkungan yang itu-itu aja kini saatnya kita untuk mengexplore diri. Misalnya dengan mencari makanan khas daerah tersebut,pantai yang indah dan nyaman untuk tempat tugas atau kerja.

2. Lebih Memaknai Kehidupan Khususnya dengan Orang Tua
“Merantaulah,maka kamu tau bagaimana rasanya rindu dan kemana kamu harus pulang”. Jujur ini adalah hal yang 100% benar adanya.Dengan merantau maka kamu akan lebih memaknai hidup dan memaknai apa artinya keluarga dan rumah untuk berlabuh.Merantau jauh dari sanak saudara dan kerabat akan menyadarkan kita bahwa kemana kita harus pulang.

3.Mampu Mengetahui Batas Diri

Hal ini adalah yang super seru namun juga menantang.Karena dengan merantau kamu akan bebas menentukan kehidupan seperti apa yang akan kamu jalani, khususnya untuk kamu yang kost sendiri.Kebebasan yang ada akan menyadarkan diri untuk mengetahui bagaimana batas diri dan bagaimana harus menjaga diri di kota orang lain. Terapkan aturan-aturan diri yang benar dan selalu diingat. Salah satu saran terbaik nya adalah dekat dengan rekan atau kerabat yang baik dan mampu menjaga satu sama lain serta tidak takut untuk menyadarkan kita bila melalukan hal yang buruk.

Penulis:Yuli
Editor:Yuli

Check Also

Bupati Bima Kunjungi Pos Pam Lebaran Wilayah Kerja Polres Bima

Kab Bima-MP-Usai melakukan penyerahan bantuan tanggap darurat dan santunan kepada warga terdampak bencana kebakaran di …

3 comments

  1. I read your article carefully, it helped me a lot, I hope to see more related articles in the future. thanks for sharing.

  2. Herbert pbWSWSWkTcBkFdK 6 18 2022 z pack for std

  3. cialis pills To assist with a patch, please remember to clean the skin and make sure it is dry before applying

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *