Kepala SMAN 3 Sape Kabupaten Bima Sosialisasi Program Sekolah Kepada Orang Tua Siswa

Sape,kab bima-MP-Peran orang tua siswa sebagai patner guru dalam mendidik anak-anak tidak bisa dipisahkan.Bahkan orang tualah yang memiliki peran utama sesungguhnya dalam pendidikan.Sedangkan guru hanya sebagai fasilitator,pembimbing, orang tua kedua di sekolah. Namun,justru hanya sebagian kecil saja yang memahami hal tersebut.Orang tua justru menyerahkan sepenuhnya segala macam pendidikan baik intelektual,spiritual dan juga keterampilan pada guru disekolah.Maka kepala sekolah dan guru sman 3 sape melaksanakan dzikir dan doa bersama masyarakat desa kowo,buncu dalam rangka silaturrahmi dengan warga masyarakat yg dirangkaikan dengan.Sosialisasi program sekolah

Untuk mengubah presepsi tersebut kepala sman 3 sape bapak,Abubakar,H,Paiman s.pd,
menyelenggarakan pertemuan dan soalisasi bersama orang tua wali murid di desa yang ada wali muridnya.Selain dibuat kesepahaman dalam mendidik anak-anak juga dijabarkan kegiatan-kegiatan sekolah yang akan diselenggarakan,Seperti ada jam tambahan Sehingga orang tua mengetahui semua program sekolah.Dan orang tua juga bisa meminta informasi tentang kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan dari segi manfaatnya bagi pendidikan anak-anaknya.

Dengan demikian kata kepala sekolah bapak Abubakar, S, pd, agar guru dan orang tua dapat bersinergi dan mengembangkan komunikasi horizontal bersifat kekeluargaan dalam mendidik anak-anak.Apa yang dilakukan siswa disekolah perlu diketahui orang tua. Dan begitu juga sebaliknya lingkungan keluarga siswa perlu diketahui guru untuk mengidentifikasi berbagai persoalan yang bisa muncul dalam perjalanan pendidikan nantinya.Karna pendidikan itu butuh keteladanan.

Selanjutnya keteladanan yang pertama dilihat oleh siswa adalah perilaku orang tua di rumah. Karna anak-anak adalah peniru yang handal.Jika orang tua tidak hati-hati maka secara tidak langsung akan membarikan dampak terhadap perkembangan anak didik.Inilah yang perlu disadari kedua belah pihak. Guru juga perlu mengetahui lingkungan sekitar dimana anak didiknya tinggal. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara bersolisasi di setiap desa yang ada wali murid sman 3 sape.
Dengan demikian guru dan orang tua dapat berjalan bersama dan bekerjasama dalam mendidik anak-anak generasi penerus bangsa.”Ungkap kapsek bpk Abubakar,spd.(Yuli).

Check Also

Wakil Bupati Bima Ikuti Rakornas Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN)

JAKARTA,MP-Wakil Bupati Bima H Dahlan m noor menghadiri acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Otorita Ibu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *