Revitalisasi Posyandu Langkah Kongkrit Wujudkan SDGs

Mataram-MP-Pemprov NTB memliki program Revitalisasi Posyandu yang merupakan langkah kongrit dalam mewujudkan SDGs (Sustainable Development Goals) di tingkat desa. SDGs memilik 17 tujuan dan salah satunya adalah kesetaraan gender.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Wakil Gubernur NTB Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah ungkapnya saat menjadi narasumber NTB Bicara Internasional Women’s Day 2022 dengan Tema ” Refleksi Peran Pemerintah Daerah Dalam Penegakan Hak Perempuan di Berbagai Bidang (Sosial, Ekonomi, Tata Kelola Hukum dan Lingkungan) Dalam Pencapaian SDG’s di Studio TVRI NTB, Selasa (8/3/2022).

“Dengan adanya kesetaraan gender dalam mewujudkan SDGs ini, otomastis perempuan memilik peran penting dan turut serta didalamnya” ungkapnya.

Dengan Revitalisasi Posyandu yang merupakan salah satu langkah Pemprov NTB dalam mewujudkan SDGs di tingkat desa, menurutnya perempuan dapat memberikan kontribusi dalam pembangunan daerah mulai dari tingkat desa.

“Saya sangat bahagia karena SDGs ini sudah terhubung hingga tingkat desa.Sehingga perempuan harus bisa memberikan kontribusi terbaiknya,dimulai dari level desa.Saat ini sudah banyak desa dipimpin oleh perempuan”terang Ummi Rohmi, sapaan akrab Wagub.

Ummi Rohmi juga menerangkan bahwasanya saat ini Revitalisasai Posyandu merupakan pusat edukaksi berbasis dusun. Walaupun satu fasilitas namun banyak permasalahan yang dapat terurai salah satunya itu kekerasan perempuan dan anak.

“Dengan diberikannya edukasi yang terus menerus dan teratur kepada masayarakat khususnya di desa, nantinya masyarakat tersebut mulai paham dan berpartisipasi untuk mengghindari hal-hal yang tidak diiinginkan seperti kekerasan pada perempuan dan anak.

Lanjutnya Wagub memaparkan program-program pemerintah Pemprov NTB saat ini juga tidak lepas dari keterlibatan perempuan. Contohnya saja Revitalisasi Posyandu yang memliki kader hampir seluruhnya perempuan, selanjutnya UMKM lokal di NTB didominasi oleh perempuan dan masih banyak lagi.

“Salah satu sasaran pembangunan NTB tahun 2019-2023 adalah meningkatnya partisipasi perempuan dalam pembangunan. Hal ini dapat kita lihat dari partispasti perempuan di dalam program-program pemprov NTB saat ini” tutupnya. (Diskominfotikntb-MP)

Check Also

Pemkab Bima, Tuan Rumah Bimtek Keluarga Berintegritas KPK RI

Kab Bima-MP-Bimbingan Teknis Pemberdayaan Peran serta Masyarakat Mewujudkan Keluarga Berintegritas Melalui Penanaman Nilai-nilai Antikorupsi yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *