Kabupaten Bima, Desa Sondo Melaksanakan Posyandu Rutin

kab bima-MP-Posyandu desa sondo kecematan monta kabupaten bila melaksanakan kegiatan rutin yaitu penimbangan dan kelas ibu balita. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin sesuai jadwal yang telah disusun.Sebagaimana yang kita ketahui,Posyandu merupakan perpanjangan tangan Puskesmas yang memberikan pelayanan dan pemantauan kesehatan yang dilaksanakan secara terpadu. Kegiatan posyandu dilakukan oleh dan untuk masyarakat.

Dengan menjadiemantau ke giatan posyandu awak media metropembaharuan menemui langsung ibu bidan yani yang bertugas di desa sondo menyampaikan bahwa kegiatan Posyandu sebagai wadah peran serta masyarakat,yang menyelenggarakan sistem pelayanan pemenuhan kebutuhan dasar, peningkatan kualitas manusia, secara empirik telah dapat memeratakan pelayanan bidang kesehatan. Kegiatan tersebut meliputi pelayanan imunisasi, pelayanan kesehatan ibu dan anak. Posyandu (pos pelayanan terpadu) adalah kegiatan yang dilaksanakan oleh,dari,dan untuk masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat pada umumnya serta kesehatan ibu dan anak pada khususnya.”Kata bu bidan yani.

Selanjutnya Posyandu merupakan bagian dari pembangunan untuk mencapai keluarga kecil bahagia dan sejahtera,dilaksanakan oleh keluarga bersama dengan masyarakat di bawah bimbingan petugas kesehatan dari puskesmas setempat.Sasaran utama kegiatan posyandu ini adalah bayi dan balita.

Para kader posyandu menempati meja dengan tugas masing-masing. Ada yang bertugas di meja pendaftaran,di meja pencatatan kartu KMS,dan di meja penimbangan. Kader yang lain membantu petugas kesehatan untuk memanggil nama bayi yang akan diperiksa dan memisahkan kartu KMS sesuai dengan umur dan jatah imunisasi. Selain para kader, Bidan Desa juga membantu posyandu untuk melaksanakan kegiatan. Para ibu-ibu yang akan memeriksakan bayinya menempati tempat duduk yang disediakan untuk menunggu antrian.Kader adalah seorang tenaga sukarela yang direkrut dari,oleh dan untuk masyarakat, yang bertugas membantu kelancaran pelayanan kesehatan.

Keberadaan kader sering dikaitkan dengan pelayanan rutin di posyandu.Sehingga seorang kader posyandu harus mau bekerja secara sukarela dan ikhlas, mau dan sanggup melaksanakan kegiatan posyandu,serta sanggup menggerakkan masyarakat untuk melaksanakan dan mengikuti kegiatan posyandu. Kegiatan posyandu yang di lakukan Desa sondo ini bertujuan mengetahui tumbuh kembang bayi dan balita serta memberikan penyuluhan tentang gizi dan pentingnya memberikan ASI Exklusif kepada bayi yang baru lahir.”Tutur Ibu yani”.

Selanjutnya ketua Posyandu desa sondo Ibu nuraeni spd, pun menyampaikan bahwa dengan adanya kegiatan rutin posyandu bayi dan balita, diharapkan kesehatan bayi dan balita bisa terpantau, dan mendapatkan imunisasi yang sangat berguna sebagai kekebalan bagi bayi dan balita terhadap berbagai penyakit.Sehingga diharapkan akan bisa menurunkan angka kematian bayi khususnya di Desa sondo.”Tutupnya.(Yuli).

Check Also

Pemkab Bima, Tuan Rumah Bimtek Keluarga Berintegritas KPK RI

Kab Bima-MP-Bimbingan Teknis Pemberdayaan Peran serta Masyarakat Mewujudkan Keluarga Berintegritas Melalui Penanaman Nilai-nilai Antikorupsi yang …

One comment

  1. Based on previous observations suggesting a clinical role for the protein product of the ERBB4 JM a splice variant e buy cialis online usa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *