Dinas Dukcapil Luncurkan Inovasi Biduk Desa Palang Dosa

Kab Bima-MP-Pemerintah Kabupaten Bima melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) meluncurkan inovasi BIna Kependudukan Desa melalui Pencetakan Langsung Dokumen adminduk di desa (BIDUK DESA PALANG DOSA).

Inovasi yang diluncurkan pada bulan Juni 2023 ini ditujukan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan bidang kependudukan.Langkah ini diharapkan dapat memberikan akses yang lebih luas kepada penduduk desa mendapatkan pelayanan adminduk tanpa melalui oknum yang tidak bertanggung jawab.

Kadis Dukcapil Salahudin, SH.,M.Si menjelaskan,konsep ini menerapkan pendekatan pelayanan adminduk dengan cara memindahkan sebagian sumber daya yang ada di Dinas Dukcapil dan menempatkan operator dukcapil dengan aplikasi SIAK-nya di kantor desa sehingga sehari-hari dapat memberikan pelayanan adminduk langsung bagi masyarakat desa dan terfokus.

Untuk meningkatkan pemahaman pengguna layanan, tanggal 29 Agustus 2023 Disdukcapil Kabupaten Bima bersama Bappeda dan DPMD melakukan sosialisasi dan melakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama uji coba inovasi dengan 18 kepala desa pada 18 Kecamatan sebagai pilot project kegiatan ini.

Penerapan Inovasi ini memerlukan kolaborasi penuh antara pemerintah desa dengan Dinas Dukcapil. Dalam hal ini pemerintah desa menyiapkan Komputer, Printer, Scanner dan Jaringan Internet sedangkan Dinas Dukcapil menyiapkan Aplikasi SIAK, Operator SIAK, Komunikasi Data, Bimtek Pelayanan Adminduk dan Monitoring Evaluasi penerapan Inovasi pelayanan. Tandas Salahudin.(Prokim-MP)

Check Also

Bupati Bima Kunjungi Pos Pam Lebaran Wilayah Kerja Polres Bima

Kab Bima-MP-Usai melakukan penyerahan bantuan tanggap darurat dan santunan kepada warga terdampak bencana kebakaran di …