Maksimalkan Potensi Desa, Pemprov NTB akan Bentuk Desanomic

Mataram-MP-Pemprov NTB melalui Dinas Perindustrian kembali melakukan inovasi guna mendukung berkembangnya sektor industri hingga ke desa desa. Setelah mendirikan gallery sebagai etalase produk2 lokal,Dinas Perindustrian juga medorong salah satu inovasi bertajuk Desanomic atau Desa Industri yang dalam waktu dekat akan di luncurkan, bermitra dengan berbagai stakeholder.

Kepala Dinas Perindustrian NTB,Nuryanti mengungkapkan, bahwa Desanomic merupakan sebuah terobosan baru yang digagas Pemprov NTB melalui dinas perindustrian, dimana desa yang memiliki potensi ekonomi yang dapat dikembangkan atau dimaksimalkan.

“Desa potensial secara ekonomi akan kita maksimalkan, tentunya diselaraskan juga dengan dunia industri dan pasarnya,” jelas Nuryanti saat diwawancara usai melakukan misi dagang dan kebudayaan di Malaysia beberapa waktu lalu.

Ditambahkan Nuryanti,bahwa Desanomic yang diinisiasi ini memiliki tujuan utama memaksimalkan potensi satu desa tertentu. ” adi desa tidak harus banyak produk tetapi desa harus memiliki satu keunggulan produk untuk dibangun ekosistemnya,” tukas Yanti.

Tidak hanya itu Nuryanti menegaskan, untuk menembus pasar luar dan besar seperti Malaysia dan singapura diperlukan hilirisasi industri serta keberlanjutan produksi dengan kata lain terlebih dahulu barang mentah diolah menjadi produk semijadi kemudian dipasarkan secara masif. Untuk mewujudkan semua itu, pihaknya berinisiatif akan memaksimalkan keberadaan masing masing Bumdes untuk selanjutnya didorong bermitra bersama pelaku industri/UMKM guna menyerap produk/komoditi unggulan desa tersebut.

“Jadi memang harus ada rantai panjang agar pendapatan itu merata. Dari masyarakat ke IKM kemudian ke Bumdes selanjutnya Bumdes ke pasar,” ungkapnya.

Selanjutnya di tahun 2023 ini, setidaknya ada tujuh desa yang didorong untuk menjadi pilot project dengan berbagai hasil komoditi sektoral seperti kelautan perikanan, pertanian perkebunan, hingga kerajinan. (Diskominfotikntb-MP).

Check Also

Ingatkan! Guru PPPK Malas Bisa Dicoret,Kadis Dikpora Minta Kepsek Betul-betul Mengawasi

Kab Bima-MP-Pemerintah kabupaten bima mengeluarkan anggaran sangat besar pertahun bagi tenaga pengajar PPPK diharapkan mampu …