NTB Maju Melaju, Pj Gubernur Miq Gita Beri Arahan RPD Tahun 2024-2026

Mataram-MP-Mengusung taggline NTB Maju Melaju, Pj Gubernur NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si memberikan sejumlah arahan pada Sosialisasi Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Tahun 2024-2026 di Hotel Lombok Raya Kota Mataram, Jum’at, 22 September 2023.

Dalam kesempatan tersebut, Miq Gita sapaannya, mengajak seluruh Kepala OPD yang hadir untuk menjadikan RPD dan implementasi Rencana Strategis (Renstra) serta Rencana Kinerja (Renja) Perangkat Daerah sebagai pedoman. Dengan menjadikan pedoman dokumen RPD yang telah ditetapkan, para kepala OPD diminta terus bersinergi dan kompak dalam mengawal dan menyukseskan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan daerah.

Miq Gita juga mengarahkan untuk meningkatkan dan memperkuat koordinasi dengan Kabupaten/Kota. Hal tersebut untuk penyelarasan arah dan gerak pembangunan guna tercapai indikator kinerja yang telah ditetapkan.

“Hal ini dilakukan dengan membangun kolaborasi dan kerjasama dengan semua pihak untuk melaksanakan semua agenda pembangunan nasional maupun daerah,” pesan Miq Gita.

Selain itu, Miq Gita juga menyampaikan beberapa arahan untuk mewujudkan NTB Maju Melaju. Para perangkat daerag diminta untuk mengoptimalkan pemanfaatan Sumber Daya Daerah melalui pengembangan inovasi. Peningkatan investasi dan daya saing daerah untuk percepatan peningkatan kesejahteraan Masyarakat.

Selain itu, penguatan Fiskal Daerah perlu dilakukan. Seluruh Perangkat Daerah diminta memaksimalkan penerimaan PAD yang menjadi kewenangannya dan menggali potensi-potensi baru /diversifikasi. Untuk Transparansi Pengelolaan Keuangan, Miq Gita berpesan untuk memperhatikan pengelolaan keuangan yang transparan dan akuntabel. Sehingga, setiap pembangunan anggaran pembangunan dapat dipertanggungjawabkan dengan baik dan mencegah timbulnya kerugian negara/daerah.

Selanjutnya yakni implementasi yang berhasil. Dimana seluruh program dan kegiatan yang tertera dalam RPD 2024-2026 diimplementasikan dengan benar. Semua target dan sasaran yang disebutkan dalam dokumen RPD berhasil dicapai.

Terakhir, Monitoring dan Evaluasi Berkelanjutan. Melalui hal ini, berbagai rekomendasi atau hasil dari monitoring dan evaluasi digunakan untuk mengambil tindakan perbaikan yang diperlukan agar tercapai program pembangunan semakin tepat.

Miq Gita juga turut mengajak keterlibatan masyarakat agar semua kegiatan pembangunan daerah dapat meningkatkan pemberdayaan masyarakat. (kominfotikntb-MP)

Check Also

Ingatkan! Guru PPPK Malas Bisa Dicoret,Kadis Dikpora Minta Kepsek Betul-betul Mengawasi

Kab Bima-MP-Pemerintah kabupaten bima mengeluarkan anggaran sangat besar pertahun bagi tenaga pengajar PPPK diharapkan mampu …