Tangani Bencana Pemkab Bima Gelar Rakor

Kab bima-MP-Rapat Koordinasi Penanganan Bencana Banjir, digelar di aula sidang utama, Kantor Bupati Bima,Godo-Woha, Minggu 4 April 2021,siang.

Rakor dipimpin Bupati Bima,Hj Indah Dhamayanti Putri SE, dihadiri sejumlah Dinas terkait,empat Camat yang wilayahnya terdampak Banjir, Kalak BPBD Kabupaten Bima, Tagana,TNI dan Polri.Hadir pula Sekretaris Daerah Drs.H Taufik HAK, M.Si.

Bupati Umi Dinda menyatakan, yang utama dilakukan adalah kesepahaman untuk menentukan Desa yang sangat parah di empat Kecamatan.Agar nantinya bisa ditentukan jenis bantuan dan penanganan yang akan diberikan.

Kemudian OPD terkait,Camat dan juga para Kades dapat melakukan pendataan jumlah warga yang mengalami kerusakan kategori berat dan sedang,menghindari terjadinya miskomunikasi.

“Saya minta,bantuan yang distribusikan,tepat sasaran di seluruh desa yang terdampak banjir,”ujar Umi Dinda dihadapan sejumlah peserta Rakor.

Dijelaskan Bupati,Dropping Mie Instan,air mineral dan kebutuhan lainnya akan tetap dilakukan hingga beberapa hari kedepan.Melalui posko bantuan yang ada di masing-masing kecamatan dan desa.

Pendirian Dapur umum,kata Bupati,wajib ada di masing-masing kecamatan agar bisa menjangkau warga terdampak di seluruh desa.Bupati mengakui menangani bencana gampang-gampang sulit,karena lebih banyak yang ikut memantau dan menyaksikan.

Kepada Dinas dan OPD terkait hingga pada tingkat penyuluh, Bupati berharap segera merumuskan laporan yang valid. Agar dapat di sampaikan kepada Pemerintah Pusat melalui menteri Sosial RI dan BNPB.

Selanjutnya kepada Inspektorat dan BPBD Kabupaten Bima,dapat berhati-hati dalam penggunaan dana bencana.

Sementara itu Sekretaris Daerah Drs H Taufik HAK, M.Si, menyatakan,Dapur umum di empat kecamatan segera dibentuk karena ini menyangkut kebutuhan masyarakat terdampak.

Kantor Kecamatan langsung dijadikan Posko Induk,di kecamatan yang akan dibantu oleh posko bantuan di masing-masing desa.Dinas Sosial,BPBD dan Tagana Kabupaten Bima akan siap membantu selama dua puluh empat jam.

Meminta kepada seluruh ASN di masing-masing kecamatan terdampak,dapat secara bergotong royong membersihkan sampah sisah banjir.

“Menyangkut air bersih,PDAM, Perkim dan BPBD Kabupaten Bima siap mengangkut menggunakan delapan armada.Dibagi pada empat Kecamatan yang terdampak. Selain itu,juga akan disiapkan tandom penampungan air,”ujar Sekda Taufik.

Terkait dengan Pemulihan dan Pemeliharaan hutan,Sekda, meminta pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk selalu berkoordinasi dengan Provinsi, melalui Petugas Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Kehutanan di wilayah masing-masing.

Sumber:ProKom

Editor:Yuli

Check Also

Bupati Bima Kunjungi Pos Pam Lebaran Wilayah Kerja Polres Bima

Kab Bima-MP-Usai melakukan penyerahan bantuan tanggap darurat dan santunan kepada warga terdampak bencana kebakaran di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *